https://8unik.blogspot.com/2017/11/8-fakta-pisang-yg-perlu-kamu-ketahui.html 8 Fakta Pisang yg Perlu Kamu Ketahui Versi 8 Unik - Blogger Elite - Info Indonesia Terkini Lengkap

+

8 Fakta Pisang yg Perlu Kamu Ketahui Versi 8 Unik

8 Fakta Pisang yg Perlu Kamu Ketahui Versi 8 Unik




Kembali lagi bersama kami, Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Hal Hal Unik yang ada di seluruh Dunia, untuk tema kali ini mimin akan coba angkat mengenai :

"PISANG"

Sudah barang tentu semua orang mengetahui jenis buah yang satu ini, bukan dari harganya yang memang merakyat tapi ada banyak hal lain yang terkandung dalam buah yang satu ini, admin sudah merangkum nya menjadi "8 Fakta Pisang yang Perlu Kamu Ketahui Versi 8 Unik"

1. Jenis PISANG di Indonesia

Ada Lebih dari 10 jenis pisang yang tersedia di Negeri kita tercinta ini, diantaranya adalah :
A. Pisang Raja ( King Banana )

B. Pisang Barangan 
C. Pisang Mas

Dan Berbagai macam Jenis Pisang lain nya, lebih dari 10 Jenis yg tersedia di Indonesia

2. Kadungan yang ada pada Pisang

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

3. Manfaat Pisang 

A. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

B. Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

C. Mencegah penyakit jantung
Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

D. Kesehatan janin
Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.

E. Mengatasi gangguan pencernaan
Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
F. Menurunkan berat badan
Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

4. Makanan Olahan Dari Pisang

a. Martabak Pisang
b. Pisang Coklat
c. Pisang Goreng
d. Cake Pisang
e. keripik pisang
f. Pisang Bakar
g. Jus Pisang
h. Ice Cream Pisang

5. Kulit Pisang

Selain dari Daging dalam Buah pisang , kulit nya pun berguna untuk berbagai hal, dan mengandung banyak manfaat diantaranya :

a. Memutihkan gigi
Gosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum Anda menyikat gigi seperti biasa. Cara ini ternyata bekerje efektif untuk memutihkan gigi tanpa membuang dana yang berlebihan.

b. Menghilangkan kutil
Kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil yang mengganggu. Caranya sangat mudah, cukup aplikasikan di area yang terinfeksi kutil setiap malam.

c. Dikonsumsi
Tak hanya buah pisang saja yang bisa dikonsumsi, namun kulit pisang juga bisa dimakan, banyak resep-resep masakan India yang menggunakan pisang sebagai bahan makanan mereka. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam semakin empuk.

d. Mengatasi jerawat
Aplikasikan kulit pisang pada wajah dan tubuh selama 5 menit setiap hari. Cara ini ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Lakukan secara rutin selama satu minggu.

e. Mengurangi tampilan kerut
Kulit pisang juga dapat melembapkan kulit sehingga akan meminimalisir tampilan kerut di wajah Anda. Caranya, hancurkan pisang dan campurkan dengan kuning telur. Gunakan masker ini pada wajah dan diamkan selama lima menit sebelum Anda membilasnya dengan air digin.

f. Penghilang sakit
Aplikasikan kulit pisang langsung pada area yang terasa sakit. Diamkan selama 30 menit hingga rasa sakit hilang. Anda juga bisa mencampurkan kulit pisang dengan minyak sayur agar dapat bekerja lebih optimal.

g. Menyembuhkan Psoriasis
Kulit pisang bersifat melembapkan kulit sekaligus dapat mengurangi rasa gatal di kulit. Cara ini merupakan cara cepat untuk mengatasi psoriasis yang Anda alami.

h. Menyembuhkan gigitan serangga
Gosok kulit pisang pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Cara ini secara instan mampu menghilangkan rasa gatal dan kemerahan yang timbul di kulit.

i. Merawat sepatu, kulit, dan perak
Gosok kulit pisang pada sepatum kulit dan perak untuk membuatnya kembali bercahaya.

j. UV Protection
Kulit pisang mampu memproteksi mata dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pastikan Anda mengaplikasikan kulit pisang di area sekitar mata sebelum terpapar sinar matahari. Cara ini juga sangat baik untuk mencegah katarak.



6. Jantung Pisang 

Selain dari Daging dan Kulit Pisang ada bagian lain dari pisang yang tidak kalah berkhasiat bagi tubuh yaitu "Jantung Pisang"

Berdasarkan penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung :
31 kkal kalori
1,2 gram senyawa protein
0,3 gram lemak
7,1 gram zat karbohidrat
Jantung pisang juga mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Kandungan yang penuh gizi tersebut, siapapun pasti akan tergiur untuk mengolah jantung pisang menjadi masakan dan makanan yang lezat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:

1. Mencegah stroke – Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

2. Mencegah Kolesterol – Mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan

3. Menyehatkan Perut – Melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.

4. Makanan penderita diabetes – Baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.

5. Kaya serat – Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.

6. Baik untuk diet – karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah

7. Melancarkan siklus darah – karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

8. Mencegah kanker – Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.

9. Anti penuaan – Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

10. Mencegah penyakit gondok – karena jantung pisang mengandung yodium

11. Menyembuhkan infeksi – karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri

12. Meningkatkan produksi sel darah merah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.

13. Mengontrol darah saat menstruasi – Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.

14. Memperbaiki mood – karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.

15. Meningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

7. Asal Usul Pisang 

Tahukan kalian? Ternyata buah Pisang ditemukan oleh manusia sekitar tahun 5000 SM. Manusia pada zaman itu sangkat picky dalam memilih makanan dan mereka tidak menyukai biji. Jadi, mereka membuat tumbuhan hibrid dan pada akhirnya mereka berhasil membuat tumbuhan buah tanpa biji. Walaupun masih terdapat biji-biji kecil di dalam buah pisang, namun mereka tidak peduli dan mereka sangat menyukai buah tersebut.

Manusia telah mengonsumsi pisang sejak zaman dahulu kala. Kata pisang itu sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu maus yang oleh Linneus dimasukkan ke dalam keluarga Musaceae, untuk memberikan penghargaan kepada Antonius Musa, yaitu seorang dokter pribadi kaisar Romawi (Octaviani Agustinus) yang menganjurkan untuk memakan pisang. Itulah sebabnya dalam bahasa latin, pisang disebut sebagai Musa paradisiaca .

Menurut sejarah, pisang berasal dari Asia Tenggara yang oleh para penyebar agama Islam disebarkan ke Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selanjutnya pisang menyebar ke seluruh dunia, meliputi daerah tropis dan subtropis. Negara-negara penghasil pisang yang terkenal di antaranya adalah: Brasilia, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Karibia, Columbia, Mexico, Venezuela, dan Hawai. Indonesia merupakan negara penghasil pisang nomor empat di dunia. Wow!

8. Film Pisang 

Selain Itu semua, pisang juga dapat digunakan di dalam industri Perfileman, berikut ini beberapa contoh nya : 

1. Minions 

Image result for film pisang

Mungkin sang sutradara terinspirasi setelah makan pisang wkwkwk

2. Tamil Banana Movies

Image result for movies banana

3. The Man With Banana 2

Image result for movies banana

4. Banana XXX
Image result for banana porn


demikianlah 8 Fakta Unik Mengenai Pisang yang perlu kamu ketahuin versi 8 unik, harap tinggalkan komen untuk menjadi motivasi penulis untuk terus menulis,